MSDS

Alat
Gambar Alat Fungsi
Labu ukur Untuk mengencerkan larutan dengan ketelitian yang tinggi.
Gelas ukur Digunakan untuk mengukur volume zat kimia dalam bentuk cair. Alat ini mempunyai skala, tersedia bermacam‐macam ukuran. Tidak boleh digunakan untuk mengukur larutan/pelarut dalam kondisi panas. Perhatikan meniscus pada saat pembacaan skala.
Gelas Beaker Alat ini bukan alat pengukur (walaupun terdapat skala, namun ralatnya cukup besar). Digunakan untuk tempat larutan dan dapat juga untuk memanaskan larutan kimia. Untuk menguapkan solven/pelarut atau untuk memekatkan.
Pengaduk/Spatula Untuk mengaduk larutan
Botol pencuci Bahan terbuat dari plastic. Merupakan botol tempat akuades, yang digunakan untuk mencuci, atau membantu pada saat pengenceran.
Corong kaca Membantu memindahkan cairan dari wadah yang satu ke wadah yang lain terutama yang bermulut kecil serta digunakan untuk menyimpan kertas saring dalam proses penyaringan
Erlenmeyer Erlenmeyer digunakan dalam proses titrasi untuk menampung larutan yang akan dititrasi.
Tabung Reaksi Sebagai wadah mereaksikan dua atau lebih larutan / bahan kimia, untuk pengembangan mikroba
Pipet Tetes Untuk memindahkan larutan dari suatu wadah ke wadah lain dengan jumlah yang sangat sedikit dan dengan tingkat ketelitian pengukuran volume yang sangat rendah.
Termometer Laboratorium Untuk mengukur suhu pada larutan
Hot Plate electric Memanaskan larutan
Rak tabung reaksi Tempat tabung reaksi.
Penjepit Tabung Reaksi Menjepit tabung reaksi selama melakukan proses pemanasan
Simbol Zat Kimia Berbahaya
Simbol Bahaya Penanganan
Explosive (Mudah Meledak) Sifatnya dapat meledak dengan adanya panas, percikan bunga api, guncangan atau gesekan. Apabila bekerja dengan bahan-bahan tersebut kuantitas harus dijaga sekecil/sedikit mungkin baik untuk penanganan maupun persediaan/cadangan.
Oxidizing (Pengoksidasi) Bersifat pengoksidasi, dapat menyebabkan kebakaran dengan menghasilkan panas saat kontak dengan bahan organik, bahan pereduksi, dll Menghindari kontak dengan bahan mudah terbakar atau bahan sangat mudah untuk mengurangi resiko kebakaran secara signifikan.
Extremely flammable (amat sangat mudah terbakar) Bahan amat sangat mudah terbakar berupa gas dengan udara dapat membentuk suatu campuran bersifat mudah meledak di bawah kondisi normal. Menghindari kontak dengan bahan mudah terbakar atau bahan sangat mudah untuk mengurangi resiko kebakaran secara signifikan.
Dangerous for Environment (Berbahaya bagi lingkungan) Bersifat berbahaya bagi satu atau beberapa komponen dalam lingkungan kehidupan. Menghindarkan agar bahan kimia in tidak tumpah ke lingkungan air.
Corrosive (Korosif) Merusak jaringan hidup. Jika suatu bahan merusak kesehatan dan kulit hewan uji atau sifat ini dapat diprediksi karena karakteristik kimia bahan uji, seperti asam (pH <2) dan basa (pH>11,5). Menghindari kontak langsung dengan bahan kimia ini tanpa menggunakan sarung tangan sebagai APD
Harmful (Berbahaya) Bahan yang dicurigai memiliki sifat karsinogenik dapat menyebabkan kanker dengan probabilitas tinggi melalui inhalasi, melalui mulut (ingestion) atau kontak dengan kulit. Menghindari kontak langsung dengan bahan kimia ini tanpa menggunakan sarung tangan sebagai alat pelindung diri (APD).
Toxic (Beracun) Bahan dan formulasi yang ditandai dengan notasi bahaya TOXIC dapat menyebabkan kerusakan kesehatan akut atau kronis dan bahkan kematian pada konsentrasi sangat rendah jika masuk ke tubuh melalui inhalasi, melalui mulut (ingestion),atau kontak dengan kulit. Menghindari kontak langsung dengan bahan kimia ini tanpa menggunakan sarung tangan dan masker sebagai alat pelindung diri (APD).
Flammable (Mudah Terbakar) Karena bahan kimia ini mempunyai titik nyala yang sangat tinggi akan mudah terbakar saat bersatu dengan unsur-unsur terjadinya api. Simpan ditempat yang sulit terkontaminasi dengan unsur2 terjadinya api
Flammable Solid (Padatan Mudah Terbakar) Bahan peledak basah, merupakan zat yang dapat bereaksi sendiri , karena tidak stabil terhadap panas dan dapat terbakar meskipun tanpa oxygen. Hindari panas atau bahan mudah terbakar dan reduktor serta hindari kontak dengan air.
Flammable Liquid (Cairan Mudah Terbakar) Cairan yang dapat dengan mudah tersulut di udara pada suhu sekitar, yaitu memiliki titik nyala pada atau di bawah suhu ambang nominal Hindari kontak dengan benda yang berpotensi mengeluarkan panas atau api.
Flammable Gas (Gas Mudah Terbakar) Simbol pengaman yang digunakan pada tempat penyimpanan material gas yang mudah terbakar. :Jauhkan dari panas atau percikan api.
Radioaktif Bahan yang mengandung material atau kombinasi dari material lain yang dapat memancarkan radiasi secara spontan. Memakai pakaian khusus proteksi atau alat pelindung diri agar tidak terkena paparan radioaktif
Alat-alat Kesehatan Kerja
Gambar Nama Alat Fungsi
Jas Laboratorium Menjaga atau melindungi diri dari percikan api.
Kaca Mata (Goggle) Untuk melindungi mata.
Masker Untuk mencegah terhirupnya zat kimia berbahaya.
Sarung Tangan Melindungi tangan dari larutan berbahaya.